7 Tanda Mobil Perlu Melakukan Spooring Dan Balancing

Spooring Dan Balancing Merupakan Sebuah Proses Penyesuaian Kembali Kondisi Kaki-Kaki Kendaraan Sesuai Spesifikasi Dari Masing-Masing Merek Mobil.

Kondisi Kaki-Kaki Kendaraan Perlu Mendapat Perhatian Lebih Karena Berhubungan Dengan Kenyamanan Dan Keselamatan Penumpang. Hanya Saja, Situasi Ini Kadang Menjadi Celah Untuk Oknum Bengkel Nakal, Yang Memanfaatkan Ketidaktahuan Pemilik Mobil.

Masih Banyak Yang Belum Tahu Kapan Sedianya Mobil Perlu Mendapat Sentuhan Spooring Atau Balancing. Fungsi Spooring Atau Balancing Ini Berkaitan Dengan Keseimbangan Pada Kemudi Dan Empat Roda, Untuk Menjaga Mobil Tetap Stabil.

Selama Ini Masih Beredar Luas Mitos Terkait Proses Tersebut Yang Keliru Di Masyarakat. Banyak Yang Beranggapan Spooring Dan Balancing Kaki-Kaki Mobil Itu Sebaiknya Dilakukan Tiap Kelipatan 10.000 Km Atau 6 Bulan Sekali.

Spooring Tidak Berdasarkan Jarak Tempuh. Karena Sudut Kaki-Kaki Mobil Bisa Berubah Kapan Saja.

Faktornya Banyak, Bisa Karena Sering Lewat Jalan Berlubang, Lewat Polisi Tidur, Menyerempet Trotoar, Menggilas Median Jalan Saat Belok, Atau Muatan Berlebih.

7 Tanda Mobil Perlu Melakukan Spooring Dan Balancing Yaitu Sebagai Berikut.

  1. Setir Bergetar Pada Kecepatan Tertentu, Karena Roda Depan Langsung Berkaitan Dengan Mekanisme Kemudi.
  2. Mobil Seakan Berbelok Sendiri Padahal Sedang Melaju Lurus Ke Depan, Atau Selalu Bergerak Ke Arah Tertentu.
  3. Saat Pengendalian Setir Saat Dibelokkan Tidak Mau Kembali Berputar Pada Posisi Semula Saat Dilepaskan.
  4. Mobil Yang Sedang Dikendarai Seperti Berjalan Miring, Ini Tandanya Mobil Sudah Cukup Parah Dengan Keseimbangan.
  5. Permukaan Ban Sudah Tidak Rata Atau Aus, Bisa Di Salah Satu Atau Keduanya.
  6. Saat Dipakai Parkir, Walau Itu Parkir Di Tempat Datar Dan Lurus Tapi Rodanya Ada Yang Miring.
  7. Ban Bagian Belakang Tidak Sejajar Lurus Dengan Bagian Belakang. Cara Mengetahuinya, Dengan Melihatnya Dari Belakang Dan Mengambil Jarak Beberapa Meter.

Fungsi Spooring Dan Balancing

“Spooring Dan Balancing Merupakan Dua Hal Berbeda. Spooring Sendiri Yaitu Penyetelan Sudut-Sudut Geometri Roda Depan Atau Belakang Kendaraan (Chamber, Caster, Toe), Yang Dapat Disetel Agar Selaras Dan Disesuaikan,”

Sementara Balancing Adalah Aktivitas Yang Dilakukan Untuk Menstabilkan Putaran Ban, Dengan Menambahkan Pemberat Pada Velg.

Jika Dilakukan Rajin Dan Secara Berkala, Setidaknya Ada Sepuluh Manfaat Yang Bisa Dirasakan

Buat Sebagian Orang Yang Masih Awam Kapan Mobil Perlu Di Spooring Atau Balancing, Bisa Mengecek Terlebih Dulu Ke Bengkel-Bengkel Khusus Kaki Dan Ban.

Sudah Banyak Bengkel Yang Menawarkan Teknologi Baru Spooring Dengan Cepat.

Salah Satunya Adalah Alat Spooring 3D. Mesin Spooring Ini Diklaim Mampu Mengecek Kaki-Kaki Mobil Hanya Membutuhkan Waktu Sekitar Satu Menit Saja.

Hasilnya Pemilik Kendaraan Bisa Mengetahui Apakah Mobilnya Butuh Spooring Atau Balancing. “Ketika Masuk Bengkel, Banyak Pemilik Mobil Tidak Mengetahui Kondisi Kaki-Kaki Mobilnya Dan Langsung Melakukan Spooring-Balancing.

Dengan Teknologi 3D, Pemilik Dapat Periksa Lebih Dulu Untuk Menentukan Perlu Tidaknya Spooring-Balancing,” Ini Sudah Tersedia Di Bengkel SEHAT MOTOR SMRAJA.

Alat Ini Sudah Menggunakan Fitur 3D Yang Dilengkapi Adjustment Height Posisition Camera. Serta Fitur Automatic Calibration Yang Menjamin Akurasi Dalam Pengukuran.

Dengan Alat-Alat Di Atas, Pemilik Kendaraan Bisa Lebih Dulu Mengecek Kondisi Kaki-Kaki Kendaraan, Untuk Mengetahui Apakah Mobilnya Membutuhkan Spooring Atau Balancing, Serta Mendeteksi Ada Tidaknya Kerusakan Pada Komponen Kaki Mobil.

Untuk Info Lebih Lanjut Silahkan Klik Disini Untuk Layanan Booking Atau Info Lainnya Tentang Spooring & Balancing

Atau Anda Bisa Langsung Datang Ke Bengkel Kami Di Jl. Sisingamangaraja No. 117(Samping Makam Pahlawan) Medan Klik Disini Untuk Melihat Di Peta

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *